10 Team Skill Online Marketing yang Mutlak Harus Dimiliki

online marketing

Apapun tujuannya leads, sales, atau brand awareness, tugas dari setiap tim pemasaran online adalah untuk meningkatkan hasil secara signifikan.

Tim pemasaran online yang baik harus memiliki beberapa keahlian yang berbeda untuk bisa membuat kampanye pemasaran yang efektif. Pada artikel ini kami akan memberikan sepuluh daftar keahlian yang paling penting yang harus di miliki setiap tim pemasaran online.

1. Desain web

Seorang desainer dari kampanye pemasaran online harus bisa menciptakan visual yang menjual dan mewakili produk suatu brand. Desain web biasanya bersifat outsourcing, tapi orang yang bertugas untuk mengelola desain outsourcing ini harus bisa menilai kualitas desain dan memiliki gambaran umum tentang apa yang harus dicari.

2. Mengelola media sosial

Mengintegrasikan organic presence dengan kampanye berbayar merupakan hal yang penting. Pelanggan potensial sering mengunjungi halaman Facebook, Twitter dan halaman profil media sosial lainnya sebelum mereka membuat keputusan pembelian.

3. Memiliki pengetahuan tentang Google AdWords dan Bing

Paid search masih menjadi prioritas utama untuk bisnis yang melayani permintaan. Orang-orang aktif yang mencari produk atau layanan jauh lebih mungkin untuk melakukan pembelian daripada orang-orang pasif yang melihat iklan.

Melayani permintaan yang ada secara real-time adalah dasar dari pemasaran digital yang harus diketahui oleh online marketers.

4. Menganalisis data secara efektif

Melacak website apa yang dikunjungi orang dan bagaimana cara mereka berperilaku memungkinkan marketers untuk mengenali pelanggan dan meningkatkan kampanye dengan cepat. Apapun tools yang Anda gunakan seperti Google Analytics atau pengambilan data dari tools pihak ketiga, analisis data selalu diperlukan untuk mengukur kinerja dan mengoptimalkan kampanye.

5. Memahami teknik SEO

Search Engine Optimization (SEO) secara luas diyakini mendukung paid search, khususnya ketika datang ke Google AdWords. Salah satu bagian dari SEO adalah strategi untuk memasukkan kata kunci yang relevan pada halaman website. Harga dari Google AdWords dipengaruhi oleh sesuatu yang disebut “quality score“, jadi semakin tinggi score, iklan semakin lebih murah. Iklan yang relevan digunakan untuk permintaan pencarian ketika orang mengetikkan sesuatu dan mereka akan masuk ke halaman dari website karena dipengaruhi oleh kata kunci. Sehingga SEO akan menghasilkan iklan yang lebih murah.

6. Manajemen proyek yang kompeten

Kami menemukan bahwa ukuran dari tim pemasaran online telah meningkat secara signifikan sejak tahun 2011. Kami sering melihat sebuah tim terdiri dari 125 orang per akun, yang bekerja pada kampanye untuk satu platform. Ini cukup baik untuk industri pemasaran.

7. Mengetahui banyak tentang aspek pemasaran konten

Kita semua mungkin sering mendengar istilah “content is king“. Sebelumnya, content marketers seringkali bingung dengan copy writers profesional. Pemasaran konten saat ini melibatkan lebih dari sekedar menulis. Ini termasuk infographics, infomercials, videos, dan podcasts.

Selain itu, content marketers diharapkan untuk lebih memahami praktik terbaik dalam mendistribusikan konten. Yang mana menyentuh pada bidang online PR.

8. Pemrograman

Memiliki kemampuan/keahlian dasar pemrograman adalah sangat penting, terutama untuk perusahaan dengan beberapa lokasi fisik dan bisnis e-commerce. Sebagai contoh, programmers dibutuhkan untuk memasukkan nama dari kota terdekat secara otomatis pada landing page berdasarkan IP address pengunjung website. Selain itu, membuat landing page yang dapat dimuat lebih cepat secara khusus juga dapat meningkatkan tingkat konversi.

9. Melihat visi ke depan

Dimanapun kita bekerja apakah itu di perusahaan kecil atau besar, segala sesuatu yang kita lakukan harus memiliki gambaran yang lebih besar dari perusahaan.

Melihat melebihi tujuan jangka pendek dan memahami dampak jangka panjang dari kegiatan pemasaran dan keputusan merupakan aspek penting dari skala bisnis.

10. Menjadi proaktif

Online marketers yang proaktif selalu bereksperimen dengan strategi iklan, melompat pada tren yang sedang terjadi, mengembangkan ide-ide segar dan menjelajahi funnel penjualan baru. Banyak platform iklan online meningkatkan traffic selama fase pengujian beta dan tak lama setelah peluncuran tools baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *