10 Tips yang Layak Dicoba untuk Meningkatkan Jumlah Organic Reach pada Facebook Post Kita

Saat ini, kita semua sedang menghadapi fakta bahwa jumlah organic reach di Facebook sedang mengalami tren penurunan. Mungkin dari kita masih banyak yang bingung mengenai apa itu organic reach?

Organic reach di Facebook adalah jumlah user yang melihat suatu Facebook post tertentu dari Facebook yang jumlahnya dapat kita lihat pada bagian bawah setiap ada status yang update.

organic-reach

Dari gambar di atas, berarti jumlah orang yang melihat Facebook postnya atau organic reach Facebooknya adalah sebanyak 748 orang.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan organic reach ini dan mengapa begitu penting? Facebook memperhatikan tingkat keterlibatan pengguna pada suatu halaman bisnis untuk dijadikan sebuah prediksi seberapa qualified sebuah konten yang kemudian akan dikeluarkan lebih banyak di dalam newsfeeds. Jika paling tidak terdapat 20% orang yang terlibat terhadap suatu konten yang spesifik, maka berarti suatu artikel dapat dikatakan qualified untuk bisa dilihat oleh lebih banyak orang.

Penurunan organic reach ini juga kemudian diikuti oleh penurunan jumlah keterlibatan pengguna, yang pada akhirnya bisa membuat penurunan organic reach semakin bertambah. Jika kita ingin tetap bisa mengelola dengan baik jumlah organic reach, tapi merasa keberatan apabila harus membayar biaya Facebook advertising, maka 10 tips untuk meningkatkan jumlah organic reach pada Facebook post kita berikut ini layak untuk dicoba.

  1. Konten suatu Facebook post haruslah yang benar-benar ‘melibatkan’ masyarakat

Terdengar sederhana tapi dampaknya sangat luar biasa. Sebelum memposting sesuatu, selalu pastikan seberapa besar keterlibatan artikel kita ini terhadap masyarakat nantinya. Apakah ini sebuah breaking news atau hanya sedikit fakta kecil mengenai industri kita? Selalu pastikan apakah postingan yang kita buat ini benar-benar berisikan apa yang orang-orang inginkan.

Sebenarnya tidak sulit untuk hanya sekedar menekan tombol like untuk suatu postingan, tapi yang jadi permasalahan adalah apakah konten yang kita tawarkan akan berguna untuk kita dan para followers kita ke depan. Hal lain yang harus dijadikan pertimbangan lebih adalah, apakah para followers kita nantinya juga akan mau membagi postingan kita ke lingkungan mereka.

  1. Ajukan pertanyaan

Komentar dari orang-orang mengenai postingan yang kita buat tentu sangatlah berarti. Yang jadi pertanyaan berikutnya adalah, bagaimana langkah terbaik untuk meningkatkan jumlah komentar di postingan yang kita buat?

Banyak sekali cara yang dapat ditempuh. Bisa dengan memberikan pertanyaan yang terkait dengan bisnis kita, bertanya mengenai keluhan pelanggan atau secara simpel, atau cukup dengan meminta feedback terhadap postingan yang kita buat. Langkah ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan orang terhadap postingan kita, tapi juga memberikan kita suatu insight yang sangat berguna bagi para followers kita.

  1. Buat sebuah polling

Cara kerja sebuah polling secara garis besar sama seperti mengajukan pertanyaan, tapi memiliki manfaat tersembunyi jika kita dihadapkan dengan followers yang sebelumnya jarang berinteraksi dengan kita. Jika kita menanyakan sebuah pertanyaan terbuka, kemungkinan beberapa orang akan merasa malas untuk menjawabnya. Namun, dengan polling, kita sudah memiliki perkiraan jawaban dari pertanyaan yang kita ajukan. Orang juga akan lebih mudah menjawab sehingga antusiasme mereka pun akan meningkat. Kita akan mendapatkan komentar, wawasan baru, dan juga bisa melihat apa yang menjadi concern para followers terhadap berbagai macam topik.

  1. Penggunaan gambar yang menarik

Semenjak fitur newsfeeds di Facebook menjadi semakin panjang dan konten yang dihadirkan juga lebih beragam, cara yang paling efektif untuk menarik perhatian adalah mengisi konten dalam sebuah Facebook post dengan gambar yang menarik. Gambar yang menarik akan menambah atensi followers untuk membaca lebih lanjut postingan yang kita buat. Dengan gambar, proses komunikasi juga akan menjadi lebih mudah.

  1. Video

Saat ini, media visual ibaratnya sedang berada pada puncak popularitas. Banyak orang lebih memilih menonton video yang hanya berdurasi 3 menit daripada berlama-lama membaca sebuah postingan yang berisi sekitar 500 kata. Maka tidak heran apabila di YouTube, video tutorial dengan tajuk ‘how-to’ saat ini menjadi sangat viral dan paling banyak diminati.

6. Infografis

Infografis menyajikan suatu informasi yang aksesibel secara visual. Coba buat suatu postingan yang bersifat edukatif, menyenangkan, dan tidak terlalu rumit jika kita ingin menaruhnya di media sosial seperti Facebook. Hal ini kemungkinan besar akan lebih menarik bagi orang-orang sehingga kemungkinan mereka menyimpan serta membaginya ke orang-orang juga akan semakin tinggi.

  1. Trending Topics

Trending topics adalah suatu tools pemasaran online yang sangat efektif. Memang bukanlah sesuatu yang bisa difungsikan setiap hari karena jika terlalu sering justru akan menjadi spam bagi para followers. Namun, sekali-kali bisa dimanfaatkan ketika topik yang kita gunakan menjadi headline dari sebuah berita. Banyak ditemui fenomena penigkatan jumlah organic reach yang merupakan efek dari trending topics. Jadi, selalu up-to-date dengan daftar trending topics yang ada ketika kita log in ke dalam Facebook.

  1. Humor

Humor adalah salah satu faktor terpenting dalam menciptakan sebuah ikatan. Ketika orang-orang saling berbagi tawa, itu akan membuat mereka lebih terbuka satu sama lain. Dengan memastikan lelucon atau komentar yang tidak menyinggung, maka kita secara tidak langsung telah memulai sebuah mekanisme organic reach yang baik. Orang akan terus menggeser kursor mereka ke bawah, melihat secara utuh postingan di Facebook kita. Kemungkinan mereka membagi postingan kita kepada lingkungan mereka juga semakin tinggi.

  1. Adakan suatu kontes

Meskipun Facebook sekarang telah menerapkan pelarangan dalam hal likegating (situasi di mana orang harus mengklik like pada suatu postingan untuk bisa masuk ke sebuah kontes atau giveaway), tapi jenis Facebook post seperti ini tetap menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan keterlibatan para followers terhadap postingan kita. Sebagai ganti klik tombol like, kita bisa menawarkan alternatif lain seperti mengupload foto, membuat caption menarik, atau apapun yang masih relevan. Tidak harus dengan hadiah yang mahal, intinya adalah bagaimana kita bisa mengemasnya sebaik mungkin.

  1. Fitur preview/teaser

Banyak orang yang suka memecahkan sebuah teka-teki dan dibuat penasaran. Munculkan rasa penasaran tersebut pada postingan yang kita buat di Facebook. Misal saat kita akan meluncurkan teaser terhadap peluncuran suatu produk. Rasa keingintahuan tersebut akan menggugah kemauan mereka untuk terus up-to-date dengan kita.

Apa yang paling esensial dari 10 poin di atas sebenarnya semua adalah sama, yaitu kita harus terus dituntut untuk bisa ‘think outside of the box’. Jadi suatu Facebook post yang kita buat benar-benar bisa ‘stand out’ apabila dibandingkan dengan postingan lain. Suatu postingan di Facebook dapat benar-benar dikatakan berhasil apabila memiliki sebuah nilai, menghibur, atau dapat menyentuh nilai-nilai kehidupan di masyarakat. Sebelum memposting sesuatu di Facebook, kita haruslah dapat mengerti nilai apa yang akan kita bawa kepada para followers kita nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *