5 Tips Mudah Membuat Sebuah Website yang Baik untuk Bisnis Kita

 

Picture Source : Google
Picture Source : Google

Apakah Anda adalah seorang pemilik bisnis yang sedang mempertimbangkan untuk membuat sebuah website? Sebuah usaha, sekecil apapun itu, di era sekarang ini akan sangat membutuhkan website yang baik untuk membantu menginformasikan dan menjual suatu produk kepada pelanggan yang potensial. Untuk Anda yang belum mengetahui bagaimana membuat sebuah website yang baik, sekilas memang tampak membingungkan, tapi sebenarnya hal tersebut tidaklah serumit yang dibayangkan. Simak 5 tips mudah membuat sebuah website yang baik untuk bisnis kita.

  1. Kualitas di atas Kuantitas

Ketika kita mulai merancang dan mengembangkan sebuah website, kualitas harus selalu diprioritaskan di atas kuantitas. Akan jauh lebih baik untuk memulai terlebih dahulu dengan sebuah situs kecil tapi memiliki konten dengan kualitas tinggi daripada menghabiskan sumber daya Anda untuk membangun sebuah situs ‘raksasa’. Mengapa demikian? Memulai dengan sebuah situs kecil berarti kita akan menghemat biaya, karena biaya untuk membuat sebuah website apalagi jika kita menggunakan jasa website builder bisa menjadi mahal. Memprioritaskan faktor kualitas juga membuat kita bisa lebih memfokuskan waktu, energi, dan biaya kita untuk membangun bagian-bagian yang paling penting dari sebuah website, seperti memastikan loading suatu website bisa berjalan cepat (di bawah 3 detik), mengoptimalkan situs untuk perangkat mobile, serta memberikan informasi terbaik bagi pelanggan.

  1. Membuat Kalimat Persuasif yang Membuat Orang Tertarik

Website ibaratnya adalah seorang salesman, tugasnya adalah untuk mempromosikan bisnis Anda. Salah satu cara agar tujuan tersebut tercapai adalah dengan mengisi konten suatu website dengan kalimat-kalimat persuasif sehingga orang akan tertarik untuk membeli produk kita.

  1. Sebuah Gambar Jauh Lebih Menarik daripada Seratus Kata

Sebuah website yang besar (yang menghasilkan paling banyak lead) memanfaatkan konten (tulisan) dan media (gambar dan video) secara maksimal untuk menceritakan kepada orang-orang mengenai bisnisnya. Masih banyak bisnis yang mengisi konten website­-nya dengan baik tapi kurang memperhatikan aspek medianya. Sebuah gambar terkadang bisa memberikan informasi yang jauh lebih menarik daripada hanya sebuah tulisan. Contohnya, jika bisnis kita bergerak di bidang kuliner, menampilkan gambar produk yang kita jual bahkan tanpa tulisan sama sekali, tentunya akan jauh lebih menarik dibandingkan hanya mengisinya dengan tulisan deskripsi produk. Gambar atau video juga akan mempermudah pelanggan dalam menentukan keputusan pembeliannya.

  1. Mencoba Membaca Pikiran Pelanggan

Pertanyaan terpenting ketika kita akan membangun sebuah website yaitu apa yang pelanggan inginkan ketika mengunjungi website kita? Jika kita bisa menjawab pertanyaan ini, akan memberikan kita sebuah ‘pondasi’ dalam membangun sebuah website. Caranya, kita dapat menanyakan kepada pelanggan yang telah mengakses website kita informasi apa yang mereka cari dan butuhkan. Hal ini akan sangat membantu untuk mengisi konten apa yang akan dimasukkan ke dalam website kita.

  1. Membuat Sebuah website yang Responsif untuk Perangkat Mobile dan Memiliki Waktu Loading yang Cepat.

Ketika kita sampai pada aspek teknis dalam membangun sebuah website, kita harus memastikan website yang kita bangun haruslah responsif jika dijalankan pada perangkat mobile serta memiliki waktu loading kurang dari 3 detik. Melihat fenomena orang-orang yang semakin sering mengakses sebuah situs melalui ponsel dibandingkan komputer, itu artinya website yang kita buat harus benar-benar kompatibel dengan layar ponsel mereka serta memiliki waktu loading yang cepat. Sebuah studi yang dilakukan oleh Adobe terhadap 2000 pengguna internet di Amerika Serikat telah menunjukkan bahwa 39% orang akan berhenti mengakses sebuah website jika waktu loading sebuah website berjalan lambat.

Kesimpulan dari artikel ini adalah, merancang, membangun, dan mengembangkan sebuah website untuk sebuah bisnis sebenarnya tidaklah terlalu rumit dan tidak perlu membuat Anda lantas menjadi bingung. Ingat lima tips kunci di atas dan Anda akan memiliki sebuah website yang tidak hanya terlihat bagus, tetapi juga menarik lebih banyak pelanggan dan semakin meningkatkan penjualan. Anda pun akan menikmati keuntungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *