7 Cara Sukses Snapchat Marketing

snapchat-stock-0959.0.0

Marketing online biasa digunakan di  media sosial. Facebook, Twitter, dan sebagainya merupakan media sosial yang paling banyak digunakan untuk marketing online. Meskipun banyak platform yang tidak diragukan lagi overhyped nya, aplikasi yang saat ini mulai banyak diminati adalah Snapchat.

Sejak diluncurkan tahun 2011, jumlah momentum Snapchat semakin meningkat. Januari 2016, Snapchat memiliki perkiraan pengguna aktif hingga 200 juta/bulan yang mengirimkan 700 juta foto/video setiap harinya dan viewer hingga 500 juta kali/hari.

Namun, dari keberhasilan yang banyak terlihat, Snapchat juga membingungkan para marketing. Jadi, daripada kamu hanya memanfaatkan Snapchat untuk hiburan semata, alangkah lebih baik jika kamu memanfaatkannya dalam segi marketing. Berikut merupakan cara khusus pada Snapchat marketing:

  1. Penawaran Behind the Scene Footage

‘Memanusiakan’ merek merupakan tugas marketer. Pengguna baru memungkinkanmu untuk mengembangkan hubungan yang lebih dalam dengan audiens. Menurut kami, Snapchat merupakan salah satu platform yang paling efektif untuk berhubungan dengan audiens secara eksklusif. Artinya, kamu memberikan mereka akses untuk bisa berbagi pada suatu hal yang pribadi dari bisnismu atau diri kamu sendiri yang belum pernah terlihat sebelumnya.

  1. Berbagi Konten yang Tidak Bisa Ditemukan di Tempat lain

Pendekatan ini bisa dijadikan bumerang untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari platform Snapchat. Selain itu, kamu dapat membangun audiens yang cukup besar. Jika mereka tahu bahwa gambar dan video hanya bisa ditemukan di Snapchat, nilai konten mereka akan meningkat. Dengan menggabungkan keyword dan konten yang kamu miliki, maka akan semakin bisa meningkatkan daya tarik dari bisnismu.

  1. Menyediakan Sneak Peek untuk Produk Baru

Kamu bisa memberikan akses cepat kepada audiens untuk ‘menyelinap’ masuk. Untuk memancing keinginan orang, kamu bisa memberikan sedikit teaser dengan beberapa orang yang memiliki akses. Ini merupakan cara bagus untuk membangun gebrakan baru yang benar-benar hits.

  1. Kirimkan Kode Promo

Teknik lainnya yang sudah berhasil adalah dengan menawarkan diskon kepada audiens melalui kode promo. Dari hasil penelitian menemukan bahwa 58% mahasiswa cenderung membeli produk/jasa  melalui promo yang ditawarkan perusahaan melalui Snapchat. Hasilnya, kamu mendapat lonjakan penjualan dan keloyalitasan mereka.

  1. Berikan Heads Up Tentang Penjualan/Event

Snapchat merupakan tempat yang tepat bagi kamu mendapatkan ide penjualan melalui event. Hasilnya, pengunjung akan mem-follow akun mu. Kepopuleran Snapchat yang dikombinasikan dengan pengunjung yang berpotensi tinggi menjadi cara yang ideal untuk mendapatkan hasil optimal pada bisnismu.

 

  1. Melibatkan Audiens

Kamu bisa membuat alasan besar agar media sosial marketingmu sukses. Caranya adalah dengan menciptakan ‘dialog’ antara konsumen dan merek. Snapchat merupakan aplikasi yang apik untuk melibatkan audiens. Kamu perlu meminta mereka untuk selfie atau menggunakan video singkat untuk menampilkan produkmu. Dengan memanfaatkan kreativitas mereka, kamu dapat memotivasi mereka untuk lebih tertarik pada merekmu.

  1. Gunakan Sesi Q & A

Ketika konsumen membutuhkan rincian, banyak dari mereka yang mencari beberapa pertanyaan dan jawaban yang spesifik. Karena sifat Snapchat yang interaktif, maka ajukan beberapa pertanyaan. Konten yang pendek pada Snapchat sangat ideal untuk memaksimalkan keterlibatan audiens. Sementara itu, kamu dapat memperkuat ikatan antara kamu dan audiensmu.

Kesimpulan

Hanya dengan menggunakan Snapchat kamu dapat melakukan social marketing, berbeda dengan Facebook yang memiliki 7 milliar views mobile video setiap harinya. Meskipun Facebook lebih efektif,  Snapchat juga layak digunakan untuk social media marketing.

Dengan menggunakan formula yang tepat, kamu dapat menjangkau khalayak dalam jumlah banyak. Jadi, apakah kamu pernah bereksperimen dengan Snapchat sebelumnya? Bagaimana pengalamannya?

Baca Terkait: Cara Menggunakan Social Media Untuk Melihat Trend Bisnis

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *