7 Tips Meningkatkan Konversi PPC

pay-per-click-mouse1

Beriklan memiliki tujuan untuk menarik penonton agar tertarik dengan barang yang diiklankan. Hal ini juga menjadi harapan bagi para pengiklan AdWords agar iklan mereka mampu mengajak banyak pengunjung agar mau berbelanja. Semakin banyak klik pada iklan mereka, maka semakin banyak pula kemungkinan kustomer yang datang. Kalau kamu ingin meningkatkan rating konversi PPC dengan memperbanyak jumlah klik, cara yang paling ampuh adalah dengan melampirkan Ad Extensions pada AdWords mu.

Apa Itu AdWords Extensions?

Ketika kamu melakukan pencarian di google, mungkin kamu akan melihat beberapa iklan yang memakan banyak tempat daripada lainnya. Hal ini disebabkan Adword Extensions yang memberikan kemampuan iklanmu untuk menampilkan lebih banyak informasi dan memperluas iklanmu. Misalkan saja ketika mengetik “restoran pizza di sekitarku”, maka akan muncul iklan Pizza Hut dan Domino’s sekaligus.

Mengapa Harus AdWord Extensions?

Meski iklanmu mendominasi dalam pencarian yang berbayar, ekstensi iklan dapat memberikan beberapa kemudahan:

  • Menambah Jumlah Klik dan Rating

Adword Extensions memberikan cara tambahan kepada pihak pencari untuk mempelajari lebih lanjut tentang bisnismu sekaligus berinteraksi dengan iklanmu. Pencari dapat membuat panggilan telepon atau langsung ke halaman layanan yang mereka cari dari iklanmu.

  • Peningkatan Visibilitas

Menggunakan Ad Extensions memungkinkan iklanmu mengambil lebih banyak PPC dan terlihat lebih menonjol dibandingkan iklan lainnya. Hanya membandingkan iklan dengan atau tanpa ekstensi, kamu dapat melihat bahwa iklan dengan ekstensi terlihat lebih kuat dan informatif daripada yang tidak memiliki ekstensi.

  • Memberikan Informasi yang Relevan

Jika seorang pencari ingin melihat halaman atau informasi yang lebih spesifik (seperti ulasan), maka Adwords Extensions dapat memberikannya untukmu.

  • Memberikan Informasi yang Lebih Baik

Karena kamu memberikan informasi kepada pengunjung tentang bisnis dan layananmu, maka mereka akan mendapatkan jawaban yang lebih baik dari yang diharapkan ketika meng-klik iklanmu.

  • Memberikan Lebih Banyak Klik Tanpa Kena Charge

Jika seseorang melakukan layanan panggilan melalui halaman servis di iklan bisnismu, maka kamu akan dikenakan biaya sebesar ketika mereka mengklik judulmu. Karena mereka akan menggunakan metode komunikasi yang mereka inginkan dimana cara ini terkadang mendatangkan keuntungan lebih.

Ekstensi yang Sebaiknya Digunakan

Sekarang kamu tahu kan apa itu ekstensi adword dan mengapa kamu harus menggunakannya? Mari kita ulas 7 ekstensi penting yang sebaiknya kamu gunakan:

  1. Sitelink Extension

Sitelink memungkinkan pengiklan menyertakan hingga 4 sitelink dalam iklan mereka. Hal ini tidak hanya mengambil lebih banyak PPC dan menonjolkan iklanmu, tapi juga memberikan pencari kesempatan untuk menemukan halaman yang paling relevan untuk mereka.

Terkadang sitelink extension akan memberikan ringkasan cepat dari subhalaman yang sangat penting untuk menambahkan lebih banyak tindakan dan deskripsi dari produk/ jasa mu.

  1. Call Extension

Ketika seorang pencari datang ke iklanmu (terutama pada telepon seluler), pasti kamu ingin memberi mereka pilihan untuk menghubungimu. Call extension menggabungkan nomor teleponmu ke iklan, sehingga pencari tidak perlu pergi ke situs webmu untuk menemukan nomor teleponmu. Mereka cukup meng-klik “call” dan kamu memiliki transaksi!

  1. Structured Snippets

Jika bisnismu menawarkan berbagai jenis produk/ jasa, structured snippets adalah cara sempurna untuk menyusunnya. Kamu dapat berbicara tentang gaya yang berbeda dari produk, lingkungan yang kamu layani, jenis layanan, dll.

  1. Callout Extensions

Kamu tidak dapat menyelesaikan semua yang kamu ingin katakan dalam dua baris Ad Copy? Gunakan callout extension untuk menggabungkan hingga 4 pesan dalam iklanmu. Callout extension  pas sebagai bermacam-macam promosi, sehingga informasi yang sama akan muncul di setiap iklan.

Kamu bisa menggunakan callout jika kamu menginginkan semua orang tahu kalau bisnis pipa ledengmu sudah berpengalaman selama 40 tahun, ingin mengumumkan customer service mu yang siap siaga setiap saat, atau bila ingin seseorang mengetahui sistem pengirimanmu yang cepat.

  1. Location Extension

Jika kamu memiliki sebuah bisnis dengan beberapa lokasi, kamu bisa menunjukkan lokasi yang tepat kepada pencari yang tepat. Location extension dapat menambahkan alamat, nomor telepon, dan jam operasional bisnismu ke dalam iklanmu.

Dengan 50% pengguna ponsel mengunjungi tokomu di hari yang sama mereka melakukan pencarian di Google, sangatlah penting untuk memberikan lokasi di iklan  untuk menunjukkan kepada pengunjung seberapa dekat bisnismu dengan mereka.

  1. Review Extension

Dengan menggunakan pihak ketiga untuk meninjau website mu, kamu akan mendapatkan feedback pada produk/ jasamu secara langsung dari kustomer melalui iklan. Karena review dan testimonial memiliki peranan besar dari proses pengambilan keputusan para pengunjung, maka penting untuk menambahkan keduanya ke dalam iklanmu untuk membantu mereka lebih mudah mengambil keputusan.

  1. Offer Extension

Salah satu ekstensi Google yang terbaru memungkinkanmu menambahkan penawaran ke dalam iklanmu. Kamu tidak hanya dapat menawarkan lebih banyak informasi tentang bisnismu, pengunjung juga bisa melakukan bisnis dengan kamu. Alih-alih mencari penawaran daripada mencari bisnis yang tepat, mereka bahkan dapat menemukan semuanya hanya dalam satu iklan.

Langkah Selanjutnya

Apakah kamu sudah menjalankan AdWords atau ingin meningkatkannya, coba tambahkan Adword Extension ini. Pastikan untuk menguji kata yang berbeda untuk melihat mana kalimat yang mendapatkan klik lebih banyak.

Apabila kamu berfikir ingin menggunakan Google AdWords atau menginginkan informasi lebih banyak tentang cara AdWords menambahkan keuntungan untuk keseluruhan strategi marketingmu, kamu cukup mengunduh beberapa eBook yang berkaitan dengan artikel di atas. Selamat mencoba!

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *