9 Tips Mudah Dalam Memilih Template yang Tepat untuk Website Anda

Picture Source : Google
Picture Source : Google

 

Pernahkah Anda merasa kesulitan saat harus memilih template mana yang akan Anda gunakan untuk website Anda dari sekian banyak pilihan yang ada? Memilih template untuk website Anda menjadi hal yang sangat krusial, karena template sebuah website adalah ‘wajah’ dari bisnis Anda dan memainkan peranan penting dalam bagaimana pelanggan Anda serta mesin pencari akan menerjemahkannya.

Dalam artikel kali ini, kami akan menjelaskan sembilan tips yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih sebuah template yang tepat untuk website Anda.

  1. Usahakan Memilih Template Sesimpel Mungkin

Banyak pilihan template dengan banyak pilihan warna, tata letak yang kompleks, dan animasi yang mencolok. Hal tersebut sebenarnya bagus dan sah-sah saja untuk digunakan, tapi hal tersebut tidaklah benar-benar dibutuhkan. Jadi, ketika Anda memilih template, usahakan untuk mencari template yang bisa membantu Anda dalam mendukung tujuan Anda. Apakah itu untuk mempresentasikan bisnis Anda secara profesional, menarik pengunjung untuk menghubungi Anda, atau menjual produk dan layanan Anda.

Tujuan dari setiap desain website yang baik adalah untuk membantu pengguna dalam menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan cepat, tanpa harus mencari melalui menu atau tombol yang tersembunyi. Pada saat yang sama, jika template tampak sangat menarik tetapi tidak benar-benar membantu Anda mendapatkan pelanggan baru, maka itu berarti Anda tidak menggunakan template yang tepat.

  1. Responsif

Desain yang responsif harus menjadi prioritas ketika memilih template untuk website Anda. Dewasa ini, makin banyak orang yang mengakses sebuah website menggunakan perangkat mobile. Jika website Anda tidak bekerja dengan baik saat diakses melalui perangkat mobile, maka hal ini tentu akan berpotensi membuat Anda kehilangan pelanggan.

Selain itu, Google lebih menyukai sebuah website yang mobile responsive, karena hal ini terbukti mampu menempatkan suatu situs ke peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian. Dengan cara ini, Anda tidak hanya akan menyediakan pelanggan dengan pengalaman browsing yang lebih menyenangkan, tapi juga memperluas jangkauan Anda secara online.

  1. SEO-friendly dan Kompatibel untuk Semua Browser

Template yang Anda gunakan haruslah SEO-friendly. Hal ini mencakup mengenai penggunaan keyword yang tepat dan relevan dalam judul, URL, meta description, dan lain-lain. Jika Anda menggunakan WordPress, plugin seperti Yoast dan All in One, SEO dapat membantu Anda untuk meningkatkan SEO website Anda. Kompatibel untuk semua browser berarti bahwa semua halaman website Anda dapat ditampilkan dengan sempurna di semua jenis browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Internet Explorer, dll, terlepas dari aplikasi apa yang digunakan untuk mengakses website Anda.

  1. Template Harus Berhubungan dengan Bisnis Anda

Ketika Anda memilih sebuah template, pastikan dengan jelas Anda memahami tujuan yang ingin Anda capai. Setelah Anda tahu apa tujuan Anda dan apa yang ingin pengunjung Anda lakukan, maka Anda telah siap untuk memilih template dan membuat sebuah website. Anda akan menemukan banyak sekali template yang dirancang spesifik untuk berbagai macam kebutuhan bisnis seperti restoran, konsultan, e-commerce, dan masih banyak lagi.

  1. Mempertimbangkan Dampak Visual

Kesan pertama merupkan suatu hal yang sangat penting, terutama terhadap sebuah website dimana ada begitu banyak persaingan. Anda tentu sudah tahu bahwa Anda hanya memiliki waktu beberapa detik saja untuk menarik perhatian pengunjung melalui kesan pertama. Ketika mempertimbangkan sebuah template, Anda harus berpikir tentang apa yang menarik bagi calon pelanggan Anda. Pastikan website Anda mampu untuk membujuk para pengunjung untuk mengetahui lebih lanjut mengenai website Anda.

  1. Layout Sesuai dengan Kebutuhan Bisnis Anda

Bisnis yang berbeda tentu membutuhkan konten yang berbeda yang ditampilkan dalam format yang berbeda pula. Contoh, sebuah website berita membutuhkan ruang untuk teks yang lebih panjang, sedangkan bisnis fotografi membutuhkan galeri yang bagus untuk menampilkan karya para fotografer. Selain harus memikirkan cara untuk menyajikan konten Anda, Anda juga harus mempertimbangkan bagaimana pengunjung akan menavigasi website Anda dan apa hasil akhir yang Anda inginkan. Apapun tindakan yang dilakukan oleh pengunjung, jika website Anda mudah dinavigasi, peluang untuk menarik pengunjung pun akan jauh lebih besar.

  1. Pemilihan Warna yang Tepat

Memilih warna yang tepat bisa jadi pekerjaan yang menyulitkan. Ketika memilih, pikirkan tentang kesan yang ingin Anda ciptakan. Warna-warna cerah akan menyampaikan rasa senang dan keceriaan, sementara warna yang lebih konservatif seperti abu-abu, hitam, atau putih dapat digunakan untuk memberikan nuansa yang lebih formal. Jadi pikirkan dengan hati-hati mengenai kesan yang ingin Anda berikan untuk memberikan tema website Anda secara keseluruhan.

  1. Apakah Template Anda Memerlukan Banyak kustomisasi?

Banyak template memungkinkan Anda untuk membuat perubahan dalam rangka untuk lebih merepresentasikan bisnis Anda. Kustomisasi meliputi pemilihan warna, font, dan semua elemen yang bergerak seperti kotak teks dan ikon social media. Jadi ketika memilih sebuah template, pastikan bahwa template tersebut mendukung tingkat kustomisasi sesuai yang Anda butuhkan.

  1. Apakah Ada Support Team yang Siap untuk Membantu?

Tidak peduli seberapa mudah sebuah website bisa digunakan, Anda tentu memerlukan bantuan jika Anda sedang mengalami masalah. Dukungan yang handal akan sangat berharga ketika Anda membuat website. Pastikan Anda dapat menghubungi support team melalui telepon, email, atau online chat sehingga Anda benar-benar bisa mendapatkan bantuan dengan cepat saat dibutuhkan.

Memilih sebuah template untuk website sebenarnya bukanlah perkara yang sulit, asal didasari dengan pemahaman mengenai tujuan dari bisnis Anda dan apa yang ingin Anda capai melalui sebuah website. Dengan begitu, Anda akan dapat memaksimalkan setiap pilihan yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *