Cara dengan Desain UX Bisa Bermanfaat Bagi Bisnis Anda

a

Jika Anda bukan merupakan bisnis desain, Anda mungkin pernah mendengar istilah UX yang digunakan baru-baru ini tetapi tidak cukup memiliki pemahaman tentang apa itu dan bagaimana hal itu bisa menguntungkan bisnis Anda. UX adalah topik yang menjadi tren sekarang, meskipun sebenarnya telah menjadi hal penting sejak tahun 1990 dan kini dengan cepat menjadi lebih penting dengan proliferasi dari perangkat mobile ke dalam kehidupan kita.

Menurut Wikipedia, pengalaman pengguna desain (UX) bisa digambarkan sebagai “proses meningkatkan kepuasan pengguna dengan produk adalah meningkatkan kegunaan, aksesibilitas, dan kesenangan yang disediakan dalam hubungannya dengan produk”. Desainer UX berfokus pada penciptaan produk, aplikasi ponsel, dan situs web dengan tujuannya pada pengguna dan kebutuhan mereka, juga keinginan dan perilaku untuk meningkatkan kepuasan. Untuk memasukkannya dalam istilah bisnis, ciptakan pengalaman bagi pengguna yang positif tentang produk, website perusahaan atau aplikasi mobile. Desainer UX merancang sedemikian rupa bahwa memiliki fungsi intuitif, navigasi yang mudah digunakan, dan mempresentasikan konten yang efektif dengan beberapa fitur utamanya.

Anda mungkin tidak memahami apa yang bisa dilakukan UX untuk bisnis Anda, jadi berikut ini beberapa manfaat utama dari pengalaman pengguna desain.

Meningkatkan tingkat konversi

Dunia bisnis terlihat lebih kompetitif dari hari ke hari, bisnis terus berusaha menemukan cara terbaik yang menjauhkan atau justru mengejar kompetisi bisnis tersebut. Pengalaman pengguna desain menjadi alat ampuh untuk melakukan hal ini karena bisa berdampak besar pada bottom line dengan kemampuanya bisa meningkatkan tingkat konversi Anda.

Jika Anda tidak yakin apa tingkat konversi yang baik untuk sebuah situs web, anggaplah bahwa rata-rata industri 2.35%, sedangkan kuartal bawah berada 1% atau di bawahnya dan kuartal atas mengkonversi di 5.31% atau lebih tinggi (Search Engine Land). Jelas, sebagian besar bisnis memiliki ruang untuk meningkatkan daerah sebagai situs terbaik yang mengonversi temuan pada 3X-5X setinggi tingkatan orang-orang dari bisnis lain. Bayangkan dampak pada bisnis Anda jika Anda bisa mengambil tingkat konversi dari 1% menjadi 2,35% atau 2,35% ke 5%. Sekarang pertimbangkanlah bahwa ada website yang mengonversi pada 11,45% atau lebih tinggi. Inilah sebabnya mengapa begitu banyak perusahaan yang menempatkan prioritas tinggi pada desain UX sekarang.

Dengan memanfaatkan penelitian pengguna, wawasan tujuan riil dipelajari akan membantu meningkatkan tingkat konversi. Hanya dengan melakukan penelitian dan menganalisis data bisa memahami di mana, kapan dan mengapa pelanggan Anda meninggalkan pengembangannya. Penelitian atas pengguna memungkinkan perusahaan untuk memahami jika pelanggan mereka bingung atau frustrasi dan apa poin buruknya pada perjalanannya.

Memanfaatkan kedua data objektif dari analisis dan sumber-sumber lain dengan teknik penelitian kualitatif, seperti wawancara pengguna dan pengujian kegunaan, pemahaman bisa diperoleh dari apa dan mengapa yang pelanggan lakukan. Pengetahuan ini bisa digunakan untuk merancang interface lebih efektif untuk masa depan yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan dan perilaku pelanggan Anda. Informasi mempelajari penelitian memungkinkan desainer UX untuk mengidentifikasi perubahan yang diperlukan bagi dampak konversinya.

Berhemat

Manfaat utama dari menggunakan desain UX adalah jauh lebih murah untuk mengatasi dan memecahkan masalah kegunaan selama tahap mendesain proyek daripada memperbaikinya. Proses desain UX melibatkan pemahaman tentang sekelompok fitur sejak awal dan menempatkan dengan tepat untuk menciptakan produk yang tepat juga. Proses ini harus melibatkan kesempurnaan desain melalui pengujian kegunaan dan mengadaptasi dengan hasilnya. Hal ini adalah cara bagaimana UX desain akan membantu bisnis Anda menghindari membuat perubahan nantinya yang lebih mahal.

Sebuah proses desain UX akan mendapatkan timbal balik awal dari target pengguna Anda dan memperbaiki desain membantu Anda menghindari membuat kesalahan yang banyak. Hal ini dilakukan dengan menggunakan penelitian dan proses desain yang berpusat pada pengguna sehingga meningkatkan pengambilan keputusan.

Untuk menunjukkan betapa desain UX efektif untuk bisnis, Robert Pressman telah menyatakan dalam bukunya Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi bahwa: “Untuk setiap dolar dihabiskan untuk menyelesaikan masalah selama mendesain produk, 10 dolar akan dihabiskan pada masalah yang sama selama perkembangan dan 100 dolar atau lebih dihabiskan jika masalah harus diselesaikan setelah rilis produk”. Berarti setiap dolar diinvestasikan dalam meningkatkan kegunaan dari antarmuka pengguna Anda selama tahap desain akan menghemat biaya yang cukup besar dari waktu ke waktu.

Membuat produk yang tepat

Membuat sebuah situs web adalah bagian dari bisnis modern yang cukup banyak dibuat setiap perusahaan hari ini. Website merupakan cara yang efektif untuk bisnis dalam komunikasinya dengan pelanggan karena menyediakan akses mudah informasi tentang produk dan jasa yang ditawarkan. Selain itu, website memungkinkan perusahaan berkesempatan untuk menjadi ‘terbuka bagi bisnis’ sepanjang waktu. Tetapi karena persaingan lebih besar dan sebagai pelanggan menjadi lebih terbiasa dengan bisnis yang sesuai kebutuhan mereka. Banyak perusahaan telah menemukan bahwa hanya membuat sebuah website tidaklah usaha yang cukup.

Dalam dunia digital modern, memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa bagi pelanggan Anda adalah hal penting. Pengalaman pengguna desain bisa berawal dari proyek Anda, lalu membantu mengkonfirmasi bahwa Anda merancang produk yang tepat bagi pelanggan Anda. Dengan melakukan penelitian atas pengguna, wawasan tentang bagaimana produk Anda, situs web atau aplikasi seluler harus dirancang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan antarmuka pengguna dan memberikan yang pelanggan inginkan. Wawancara pengguna pada awal proyek adalah cara yang ideal untuk mengembangkan pemahaman tentang kebutuhan pengguna. Kemudian, wawancara pengguna dan tes kegunaan bisa membantu melalui konsep validasi dan memberikan arahan pilihan bentuk dari proyek Anda.

Hal ini bisa menghemat waktu dan uang dengan menciptakan user interface yang tepat sejak awal. Selain itu, penelitian pengguna menempatkan Anda dalam posisi yang memiliki informasi tepat untuk membuat solusi ideal atas kebutuhan pengguna. Seberapa efektif UX? Dalam sebuah studi oleh Forrester Research dan Watermark Consulting ditunjukkan bahwa 10 pemimpin yang memiliki pengalaman pelanggan mengungguli pasar lebih luas dengan margin besar, seperti perusahaan-perusahaan ini mampu menghasilkan laba yang 3 kali lebih tinggi daripada rata-rata indeks S&P 500 selama 6 tahun periode

Mendorong loyalitas pelanggan

Anda menginginkan pengguna untuk memanfaatkan produk, situs web atau aplikasi seluler adalah harapan yang sangat penting. Produk, situs web dan aplikasi seluler sering gagal karena kurangnya kesenangan dari pengguna. Ketika datang ke dunia digital dengan pemikiran bahwa “jika Anda membangunnya, mereka akan datang’ kini pastilah sudah tidak berlaku. Konsumen modern telah memiliki pengalaman dan menuntut, mereka tidak lagi bersedia untuk jasa dengan pengalaman yang tidak menyenangkan. Mereka mengetahui bahwa ada perusahaan lain yang bersedia mengisi kebutuhan mereka jika mereka membuang waktu sia-sia.

Telah terbukti bahwa bisnis yang menciptakan pengalaman pengguna yang positif lebih memiliki pelanggan setia. Menurut Forrester Research, pengalaman pelanggan bahkan lebih kuat daripada persepsi nilai dalam mendorong loyalitas pelanggan. Selain itu, pelanggan yang sama lebih mungkin untuk menjadi pendukung untuk brand Anda juga. Bisnis dan produk yang menawarkan kegunaan tingkat tinggi lebih mungkin untuk direkomendasikan kepada orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *