Cara Menggunakan Instagram Live Dan Facebook Live Untuk Meningkatkan Bisnis

facebook live

Sebagai sosial media yang berkembang dam memiliki pengguna aktif lebih dari satu miliar, Facebook dan Instagram terus melengkapi diri dengan fitur-fitur yang menakjubkan. Salah satu fitur yang terdapat di Facebook dan Instagram adalah siaran langsung atau live. Baik Instagram Live maupun Facebook Live dapat digunakan untuk meningkatkan bisnis. Fitur ini telah memberikan ruang baru bagi para pebisnis untuk melakukan promosi dan memperkenalkan sebuah brand secara efektif.

Fitur Facebook Live memiliki jangka waktu siaran hingga 90 menit, sedangkan pada Instagram Live tidak memiliki batasan waktu. Dengan begitu, Anda dapat mengisi live video dengan leluasa karena semakin lama Anda melakukan siaran langsung, maka akan semakin banyak orang yang mungkin melihat feeds dan menonton siaran Anda. Adanya fitur live ini tentunya akan memberi sebuah cara baru bagi para pebisnis untuk lebih memperkenalkan usahanya. Berikut kami akan menjelaskan beberapa cara dalam menggunakan Instagram Live dan Facebook Live demi mengembangkan usaha Anda dengan baik.

Menyiarkan Demo, Tutorial, Atau Mengadakan Kelas

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Facebook Live dan Instagram Live memiliki durasi siaran yang cukup panjang. Dengan begitu, Anda dapat mengisi live video dengan konten acara yang memakan waktu cukup panjang. Misalnya, Anda bisa melakukan sebuah demo, tutorial, atau mengadakan kelas. Sebuah konten video yang berisi demo, tutorial maupun kelas tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa audiens yang mengikuti Facebook maupun Instagram Anda.

Lakukan sesuai dengan bidang bisnis Anda untuk menarik perhatian audiens. Misalnya jika Anda bergerak di bidang kuliner, maka Anda bisa menyajikan demo memasak yang sederhana. Jika Anda bergerak di bidang kecantikan, Anda bisa membuat tutorial untuk penggunaan makeup yang tepat. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat live video yang menarik. Asah kreativitas Anda dan lakukan siaran yang terbaik.

Menyiarkan Bisnis Yang Kita Kelola Secara “Behind The Scene”

Menunjukkan “behind the scene” dari bisnis yang Anda kelola sering kali dilupakan dan dianggap tidak penting. Padahal, bagi para followers yang Anda miliki, mengetahui berbagai hal yang ada dalam keseharian bisnis merupakan hal yang sangat menarik untuk disimak. Salah satunya dengan mengetahui bagaimana Anda menjalankan sebuah bisnis dan mengembangkannya. Melalui Facebook Live maupun Instagram Live, Anda dapat menunjukkan bagaimana sebuah produk dibuat dalam perusahaan. Biarkan para audiens mengetahui tentang berbagai event yang akan Anda rancang untuk kemudian hari atau sekedar menunjukkan lingkungan kerja yang Anda miliki. Hal ini dapat memberikan sebuah gambaran pada audiens mengenai bisnis yang Anda kelola secara nyata. Dengan begitu, audiens akan merasa lebih dekat dan lebih transparan dengan bisnis Anda.

Mengadakan Sebuah Tanya Jawab Yang Interaktif

Instagram Live dan Facebook Live adalah sebuah fitur yang memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Bukan hanya dapat menyiarkan video secara langsung, tetapi juga sebagai media penghubung antara sebuah bisnis dan audiens melalui live chat. Setiap video yang Anda siarkan akan secara langsung dikomentari dan ditanggapi oleh para audiens. Dengan begitu, baik perusahaan dan para audiens dapat terhubung dan berkomunikasi secara langsung. Cara ini tentunya menjadi sebuah cara yang cukup efektif untuk menarik minat dari para followers yang kita miliki. Orang-orang yang mengikuti bisnis Anda baik di Facebook maupun Instagram adalah orang-orang yang tertarik untuk mengetahui update dari keseharian bisnis Anda. Melalui sebuah tanya jawab yang interaktif, tentunya akan memunculkan komunikasi yang baik dengan audiens. Agar suasana tanya jawab dapat interaktif, Anda dapat meminta followers untuk mempersiapkan pertanyaan terlebih dahulu sebelum melakukan siaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *