Content Marketing dan 5 Strategi Yang Harus Anda Kuasai

content marketing
Picture Source : Google

Jika anda sedang menjalankan sebuah bisnis yang sangat bergantung pada traffic website anda untuk mendorong penjualan, maka sebagian besar proses pemasaran yang anda lakukan harus berfokus pada menarik pengunjung ke situs anda dan mengkonversi mereka menjadi pelanggan. Salah satu cara untuk mendapatkan traffic yang ditargetkan melalui social media adalah dengan menerapkan strategi content marketing. Content marketing adalah proses menciptakan dan mendistribusikan konten yang relevan dan berharga untuk menarik, memperoleh dan melibatkan target audiens target anda. Simak lima tips mengenai content marketing untuk membantu bisnis anda dalam membangun kredibilitas, meningkatkan kesadaran brand dan membangun sebuah hubungan yang akan memberikan nilai tambah untuk target audiens anda.

  1. Jaga agar konten social media anda tetap singkat dan menarik

Jaringan sosial menggunakan algoritma-algoritma untuk membaca dan menganalisa setiap postingan yang muncul di social media. Algoritma tersebut selalu berubah untuk menentukan apa jenis konten yang akan ditampilkan di feed penggunanya. Algoritma ini memberikan ‘perhatian’ lebih ketika menganalisis isi dari setiap postingan (seperti kata-kata, foto dan link kredibilitas), timing dan preferensi dari feed setiap penggunanya di antara banyak faktor lainnya. Kebanyakan social media cenderung menyukai konten yang singkat dan bermakna serta menghasilkan sebuah keterlibatan untuk pengunanya. Pengguna juga lebih mungkin untuk melihat dan berinteraksi dengan konten yang lebih singkat.

  1. Berbagi konten unik milik anda sendiri untuk membangun brand anda

Banyak pelaku bisnis yang tidak menyadari keuntungan signifikan yang dihasilkan oleh sebuah konten yang unik. Selain untuk mengembangkan brand dan berinteraksi dengan pelanggan, tujuan dari social media marketing adalah untuk mengarahkan trafiic menuju ke situs anda baik dengan mencapainya melalui email, penjualan atau meminta pengunjung untuk menghubungi anda. Jika anda tidak berbagi konten social media sosial yang tidak mengarah ke situs anda, hal ini tidak akan menghasilkan traffic menuju ke situs anda. Maka anda pun harus menggunakan content marketing sebagai sebuah sebuah ‘magnet’ untuk menarik pengunjung. Ketika anda berbagi konten dari situs-situs lain, anda akan memberikan sebuah manfaat dengan berbagi tips terkait yang berguna atau menghibur audiens anda. Dan ketika anda berbagi konten dari situs anda sendiri, maka anda telah mencoba untuk menarik pengunjung di mana anda akan dapat mendorong mereka untuk melakukan transaksi yang anda inginkan. Kami merekomendasikan anda untuk berbagi campuran antara konten dari luar dan konten anda sendiri yang benar-benar unik.

  1. Memposting konten yang akan membuat followers anda nampak ‘hebat’ ketika mereka membaginya

Social media merupakan sebuah tools yang sangat baik untuk melakukan proses branding. Dan dengan melakukan proses content marketing yang membuat followers anda nampak ‘hebat’ saat membaginya, mereka akan lebih cenderung untuk membaginya. Dan hal ini akan membantu anda untuk memperluas jangkauan posting dan halaman perusahaan dan halaman perusahaan anda.

  1. Menyertakan link web, foto, video atau media lain untuk meningkatkan jangkauan dan keterlibatan

Ketika jaringan sosial menggunakan suatu algoritma untuk menyaring konten, mereka sangat mendukung konten yang mencakup beberapa bentuk media. Video tampaknya akan muncul lebih sering daripada foto atau tulisan yang disertai dengan link. Jangkauan (atau tayangan) adalah kunci untuk mencapai lebih banyak keterlibatan yang akan menghasilkan lebih banyak exsposure untuk bisnis anda.

  1. Bentuk populer dari konten, meliputi : foto, slideshares, postingan blog, podcast, video, grafis, update berita, quotes dan livestreaming

Content marketing dapat mengambil berbagai bentuk yang anda inginkan. Konten video langsung atau asli biasanya digunakan di level yang sangat tinggi (terutama di Facebook dan Twitter) dan kami pun sangat berharap untuk melihat tren ini terus berlanjut. Sebuah strategi content marketing yang bervariasi akan dapat menarik audiens yang beragam. Setelah anda dapat menentukan apa bentuk konten yang paling efektif, maka anda bisa melakukan proses content marketing yang baik.

Dengan strategi content marketing yang tepat, maka jumlah traffic menuju ke situs anda akan meningkat. Kesadaran pengunjung akan brand anda pun semakin tinggi dan anda akan lebih mudah dalam melakukan proses penjualan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *