Ingin Konversi Web-mu Naik? Begini Tips SEO yang Benar

konversi website

Sudahkah konversi websitemu maksimal? Usaha apa saja yang telah kamu lakukan untuk meningkatkan konversi? Navigasi sederhana atau calls to action yang sangat menarik? Ya itu salah satu cara cukup bagus, namun kita masih bisa melakukan lebih dari itu. Bagaimana caranya? Berikut adalah 5 strategi untuk meningkatkan optimasi konversi website.

1. Tingkatkan kecepatan blog

Jika kita berpikir bahwa kecepatan blog tidak begitu berdampak pada tingkat konversi, itu salah besar.

Beberapa penelitian mengungkapkan bagaimana kecepatan halaman web secara langsung dapat mempengaruhi tingkat konversi. Misalnya, menurut Aberdeen Group melaporkan bahwa rata-rata setiap jeda setiap 1 detik diartikan penurunan konversi sebesar 7 persen. 40 persen dari pengunjung akan meninggalkan website yang membutuhkan waktu lebih dari 3 detik untuk memuat semua halaman, menurut laporan dari Akamai pada tahun 2009.

Jika kecepatan website kita lambat, ada beberapa tool yang bisa digunakan untuk memeriksa kecepatan halaman website. Misalnya, Fasttimes atau Maxly.

Tools tersebut bisa mendeteksi apa saja penyebab website menjadi lambat, seperti gambar, Javascript, CSS, dan Flash. Selain itu juga bisa mengidentifikasi elemen yang bermasalah seperti redirects, error 404, dan missing links.

Kecepatan membuka halaman juga akan berdampak pada peringkat website di mesin pencari. Google dan mesin pencari lainnya telah menyatakan bahwa situs yang memiliki kecepatan lebih cepat akan mendapatkan posisi yang lebih baik dalam hasil pencarian.

2. Cari tahu apa yang dilakukan kompetitor

Jika kita tidak mencari tahu apa yang dilakukan kompetitor, bagaimana kita bisa berharap mengalahkan mereka?

Untuk melakukan pengintaian yang mendalam terhadap kompetitor, cobalah gunakan Kompyte. Aplikasi ini akan memberikan semua informasi tentang website kompetitor, social profile, iklan, newsletter, dan masih banyak lagi secara real time. Notifikasi akan dikirimkan setiap kali kompetitor menambahkan banner baru, perubahan harga, meluncurkan kampanye baru, dan yang lainnya. Dengan melihat segala sesuatu yang mereka lakukan, kita memiliki peluang untuk mengalahkan mereka dalam memenangkan pelanggan, dan membantu kita mendapatkan market share yang lebih tinggi.

3. Buat personalisasi konsumen

Personalisasi berkaitan dengan pengalaman dan kebutuhan setiap pengunjung. Yang harus kita pikirkan adalah membuat pesan yang tertarget, iklan dan produk yang disesuaikan berdasarkan perilaku konsumen.

Salah satu perusahaan yang menerapkan srategi personalisasi adalah Brainshark, sebuah perusahaan yang menyediakan solusi penjualan. Untuk mendapatkan freemium user kita harus mendaftar 30-day trial, Brainshark menggunakan pendekatan ini dengan tujuan mencocokkan perilaku pengguna dengan personalisasi untuk mengedukasi, cross sell, dan upsell pengguna.

4. Fokus pada pengguna mobile

Menurut comScore 4 dari 5 konsumen berbelanja menggunakan smartphone dan 78 persen dari pencarian mobile berakhir dengan pembelian. comScore juga melaporkan bahwa pada bulan Juni 2014 penggunaan internet mobile telah melampaui penggunaan internet desktop.

Hal ini penting untuk menyediakan website yang bisa mendukung pengunjung ketika browsing menggunakan perangkat mobile. Desain web responsif adalah salah satu solusi untuk mengubah tampilan website sesuai dengan ukuran layar pada perangkat mobile.

Itulah tips seo bagaimana meningkatkan konversi website yang bisa kamu coba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *