Ini Dia 4 Sosial Media yang Bisa Menghasilkan Uang

iStock_000027555541_Small-1260x840

Sosial media dibuat tidak hanya semata-mata untuk bisa berhubungan dengan teman, keluarga, rekan kerja, dan teman lama. Sosial media adalah solusi terbaik untuk mendapat penghasilan lebih  atau bahkan sebagai sumber mata pencaharian. Ada 4 situs sosial media berikut ini yang bisa kamu manfaatkan dengan baik untuk mendapat penghasilan lebih dari yang bisa kamu bayangkan sebelumnya. Check it out!

  1. Facebook

Mari kita mulai dengan sosial media paling populer di dunia satu ini. Facebook. Tahukah kamu bahwa ada banyak sekali yang bisa kamu lakukan untuk menjaring dollar melalui Facebook? Facebook menjadi sasaran empuk karena memiliki milyaran user aktif di seluruh dunia. Dan hampir semuanya menggunakan Facebook dengan rutin setiap hari.

Jika kamu memiliki blog atau website, kamu bisa mempromosikannya lewat sini. Dan jika kamu melakukan affiliate marketing, kamu bisa mempromosikannya di sini juga. Jika kamu bisa menulis blog atau deskripsi dari landing page websitemu dengan baik maka kamu bisa menginspirasi pembaca dan membuat mereka ingin mengunjungi situsmu, semakin tinggi traffic situsmu maka akan semakin banyak uang yang akan kamu dapatkan. Gunakan copy yang menarik untuk membuat calon visitor semakin penasaran dan klik situsmu.

Tidak hanya berhenti di situ. Sekarang ada banyak sekali situs yang terhubung dengan Facebook dan bisa membantumu menghasilkan uang. Aplikasi “My Merch Store” melalui Zazzle adalah salah satunya. Zazzle memungkinkanmu untuk menciptakan dan mendesain berbagai produk dalam situs mereka, gratis. Kemudian, kamu bisa menjualnya melalui Facebook. Ini akan sangat bermanfaat bagi siapapun dengan latar belakang desain atau mereka yang ingin menjual produk yang dibuat oleh orang lain, atau kamu bisa mencoba Cafe Press dan menjual karyamu melalui toko online mereka. Keuntungan di Facebook adalah kamu bisa menambahkan aplikasi ke dalamnya dan bisa memberikan saran kepada orang lain melalui telepone. Jika kamu ahli memberi advice, kamu bisa menghasilkan banyak uang tentunya dari situ. Peluang lainnya bagi kamu para musisi, coba kamu cek MusicBlaster. Kamu bisa membuat toko musik dalam Facebook dan menjual musik dari BlastMyMusic. Setiap ada lagu yang terjual kamu akan mendapatkan 5%.

  1. Twitter

Tools terbaik berikutnya untuk membuat uang adalah Twitter. Sama seperti Facebook, jika kamu memiliki blog atau website, kamu sebaiknya menggunakan Twitter untuk mempromosikannya. Setiap kali kamu update postingan di blog, buat copy di Twitter yang menarik dan beri link ke blogmu jadi followersmu bisa langsung menuju ke situsmu. Ini juga ide bagus untuk mereka yang melakukan affiliate marketing. Kamu bisa mendaftar ke berbagai situs afiliasi dan menemukan produk yang kamu sukai. Buatlah postingan tentang produk tersebut. Buat beberapa landing page tentang itu. Setelah selesai, kamu bisa mempromosikannya di Twitter dan mendapat banyak uang dari sana.

Satu hal yang pasti jika kamu ingin mendapat banyak uang dari Twitter adalah dengan membangun followers. Tak cukup kamu punya followers hanya keluarga dan teman. Kamu harus menggunakan tools Twitter dan mencari orang-orang yang mungkin akan tertarik dengan produkmu, dan buat mereka memfollowmu. Setelah kamu memiliki sejumlah massa yang mengikuti akunmu, maka akan memungkinkan jika kamu memiliki tweet bersponsor. Mereka yang beriklan melalui akunmu harus membayarmu karena melalui followersmu mereka bisa mencapai target market dengan jangkauan yang tepat.

  1. Google+

Google+ tidak terlalu berbeda dengan Facebook dan Twitter karena pada prinsipnya Gogle+ bertujuan sebagai media penyampai pesan ke orang lain. Satu hal yang menarik adalah kamu bisa mengelompokkan audiens berdasarkan dengan fitur “circle,” jadi kamu bisa menyasar berbagai target dari demografi yang berbeda-beda dan menguji pesan marketing yang paling ampuh. Ini adalah tools yang baik untuk menguji kesuksesan marketing media sosial.

Kamu bisa menambahkan grup dalam Google+, sama seperti Facebook Fan Page, khusus untuk perusahaanmu dan menyebarkan berbagai informasi update perusahaan seperti produk yang baru diluncur, misalnya, dan juga memberikan review atas barang/jasa, kupon dan diskon, dll.

Selain itu, jika kamu bisa programming, kamu bisa mengembangkan aplikasi Google+mu sendiri. Jika menurutmu ada hal yang belum sempurna dari situs sosial media tersebut, kamu bisa memperbaikinya melalui aplikasi yang kamu buat untuk memudahkannya. Kemudian kamu bisa submit aplikasimu ke Apple iOS Store dan Android Market dan lihat berapa banyak download yang kamu dapatkan.

  1. LinkedIn

Mungkin fitur terbaik dari LinkedIn adalah bahwa kamu bisa memposting setiap rekomendasi/testimoni yang diberikan oleh konsumen atau kolega tentang bisnismu ke dalam LinkedIn. LinkedIn memberikanmu kesempatan untuk membangun brand dalam komunitas yang serupa dengan bisnismu. LinkedIn memang dikhususkan untuk menghubungkanmu dengan bisnis lainnya, oleh karena itu kamu bisa mempelajari berbagai brand lain dan mendapat ide marketing dari LinkedIn.

Fitur menarik lainnya adalah kamu bisa membuat ‘grup’ di mana para profesional dapat bergabungdan membagikan pemikiran dan ide mereka. Jika kamu memiliki pertanyaan atau ingin mengetahui pengalaman bisnis seseorang, mereka akan dengan senang hati membantumu mengambil keputusan dan membuat bisnismu lebih menguntungkan.

Sosial media sekarang sudah bukan lagi sekedar platform untuk menjalin silaturahmi antar teman atau keluarga. Kamu bisa memanfaatkan sosial media sebagai media untuk menuai keuntungan yang besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *