Ini Dia Checklist SEO untuk Web Designer

SEO checklist

SEO adalah sebuah keahlian penting untuk setiap web designer, jika ingin meningkatkan traffic dan visibilitas website kita.

Sebagai seorang web designer kita pasti ingin mendapatkan peringkat yang tinggi dalam mesin pencari, untuk mencapai audiens yang lebih besar. Mengoptimalkan website kita untuk SEO akan membantu membangun brand awareness kita, mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dan mencapai kesuksesan yang lebih besar.

Memahami SEO penting untuk memastikan bahwa kita memenuhi semua persyaratan dari mesin pencari, dan memastikan peringkat kita di mesin pencari tetap kuat dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

Kali ini kita akan mencoba membahas beberapa praktek SEO penting untuk website.

1. Riset kata kunci (keyword)

1

SEO dimulai dengan melalukan riset kata kunci (keyword). Mengetahui frase kunci apa yang akan pengunjung potensial ketikan pada kolom pencarian mereka, dan bagaimana mengarahkan ke website kita.

Butalah daftar topik yang relevan dan frase kata kunci yang kita targetkan. Gunakan tools dibawah ini untuk membantu mengembangkan dan mengidentifikasi kata kunci tersembunyi, termasuk short dan long-tail keyword.

  • Google Trends
  • Google Autocomplete
  • Google Adwords Keyword Planner
  • Keyword Tool
  • Semrush
  • Soovle

2. Optimasi onsite

2

Optimasi onsite mengacu pada unsur di website dan halam web kita yang sebenarnya. Ini termasuk coding HTML dan konten, beberapa hal yang dapat dikontrol dari situs kita sendiri.

  • Pastikan menambahkan kata kunci pada URL, tag judul, meta description, heading tags, dan alt text gambar.
  • Gunakan URL yang mudah┬ádibaca seperti www.yourwebsite.com/human-readable-url daripada www.yourwebsite.com/?p1223.
  • Pastikan loading website cepat. Gunakan Google PageSpeed Insight untuk menguji kinerja website.
  • Gunakan desain web responsif. Gunakan Google Mobile-Friendly Tool untuk menguji apakah website kita mobile friendly.

3. Meta Tags

Meta tag menyajikan sepotong informasi untuk mesin pencari. Meta tag tidak terlihat langsung oleh pengguna, hanya terlihat di bawah website kita. Ada beberapa jenis meta tag yang dapat digunakan.

Meta description berisi penjelasan singkat mengenai konten dari sebuah halaman web. Hal ini berguna karena mesin pencari menampilkan deskripsi pada halaman hasil pencarian.

<meta name=”description” content=”Tutorial membuat website, tips dan trik SEO”>

Meta robots digunakan untuk menginformasikan kepada mesin pencari untuk mengindeks atau tidak sebuah halaman tertentu.

<meta name=”robots” content=”NOINDEX,NOFOLLOW” />

4. Menulis konten berkualitas

Konten adalah raja dan mesin pencari menyukai konten yang unik. Selain faktor teknis seperti website harus mobile friendly, konten yang berkualitas juga sangat berpengaruh peringkat pada halaman pencarian.

Bagaimana cara membuat konten berkualitas?

Pertama lakukan riset kata kunci, kemudian kembangkan konten yang menarik dan bernilai untuk pembaca. Pastikan untuk selalu membuat konten yang fresh dan unik. Konten tidak harus dalam bentuk tertulis, tetapi juga bisa dalam format multimedia seperti video dan podcasts.

5. Bangun links berkualitas

Semakin banyak links dari situs lain yang mengarah ke situs kita, maka akan memiliki dampak besar pada peringkat di halaman pencarian.

Cara terbaik untuk mendapatkan links dari situs terkait lainnya adalah dengan menjangkau mereka. Jika kita membuat sepotong konten berkualitas maka minta mereka membuat backlink ke situs kita. Pastikan konten kita adalah shareable, sehingga secara alami dapat menarik backlinks.

6. Local business

Menjadi seorang web designer kemungkinan kita akan beurusan dengan lokasi fisik dan mencari untuk menjangkau audiens regional, bukan audiens global. Untuk memenuhi wilayah tertentu, mulailah dengan mendaftarkannya di Google Business. Dengan menambahkan bisnis kita ke Google Business dapat membantu meningkatkan keterlibatan pengguna yang mencari kita.

Pastikan untuk menempatkan alamat Kota kita di judul tag, meta description, heading tags, URL, konten, alt text, dan embed Google Maps yang menunjuk ke daftar Google Local kita.

7. Media sosial

Menggunakan media sosial untuk mempromosikan konten dapat membantu untuk meningkatkan traffic dan visibilitas untuk konten dan website kita.

Media sosial telah menjadi penting untuk mendapatkan followers, mengembangkan hubungan dan memperluas citra merek kita. Untuk membantu memaksimalkan penggunaan media sosial, pastikan kita menyediakan tombol berbagi di website seperti Facebook share, Twitter Tweet, Google+, LinkedIn Share dan Pinterest Pin. Jangan lupa untuk mengguankan social snippets, yang menggunakan protokol open graph untuk menampilkan konten dengan gambar, judul, deskripsi, dan link pada channel media sosial.

8. Google Webmaster Search Console

8

Baru baru ini, Google Webmaster Tools telah berganti nama menjadi Search Console. Search Console adalah tools gratis yang disediakan Google untuk membantu kita memahami bagaimana Google melihat situs kita. Tools ini memonitor dan mengidentifikasi setiap error yang ada, kata kunci, dan saran untuk memperbaiki website menjadi lebih baik.

Jika Google mengalami kesulitan dalam mengindeks website atau peringkat website kita turun secara tiba-tiba, Search Console akan memberitahu kita tentang masalah yang terjadi sehingga kita dapat segera melakukan tindakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *