Ini Dia Tools Penting Untuk Memahami Pelanggan Ecommerce

eCommerce Tools

Ada banyak cara dalam menjalankan situs e-commerce yang sukses. Salah satunya adalah membangun dan menjaga tingkat konversi yang tinggi. Pada dasarnya konversi mengacu pada proses mengubah pengunjung menjadi pelanggan yang membayar. Ini sangat penting untuk situs web e-commerce, apa gunanya SEO yang baik jika sebagian besar pengunjung tidak berakhir tidak membeli apa-apa. Ada banyak tools diluar sana yang dapat membantu untuk meningkatkan tingkat konversi situs e-commerce. Sebagian besar tools ini ada yang gratis dan ada yang berbayar. Tanpa basa basi lagi, berikut adalah daftar 10 tools yang sangat membantu dalam menjalankan situs e-commerce:

Analisis dan Konversi

Hublo

Hublo adalah tools yang mudah digunakan, tools ini membantu untuk menganalisis pengunjung ke website dan meningkatkan konversi dengan beberapa fitur yang berguna. Interface WYSIWYG Hublo yang sederhana sangat bagus untuk pemula dalam menganalisis dan mengoptimalkan tingkat konversi dan kita hanya perlu copy paste untuk menambahkan tracker baru, mengurangi kerumitan coding yang kompleks. Kita juga dapat meng-klik pada halaman elemen untuk melacak perilaku pengguna. Dengan Hublo kita dapat mengatur saluran konversi sendiri tanpa harus mempelajari kode apapun, melacak metrik dan tingkat konversi dengan cepat dan mudah. Hublo akan memberikan laporan ketika pelanggan kita turun, dan memberikan saran untuk mengurangi jumlah pelanggan yang turun. Hublo juga terintegrasi dengan Intercom dan Mixpanel.

ClickTale

ClickTale menggabungkan Mouse Tracking Suite, Heatmap Suite dan Conversion Suite menjadi satu tools yang ampuh untuk memaksimalkan potensi situs e-commerce. ClickTale mendukung Session Playback pada perangkat desktop dan mobile. Selain itu, ClickTale juga memberikan rincian heatmaps baik untuk perangkat desktop maupun perangkat mobile lengkap dengan link analytics. ClickTale meliputi Form Analytics dan Conversion Funnels. Selain sebagai tools optimasi tracking dan konversi, ClickTale juga dilengkapi dengan analytics and site efficiency tools.

PadiTrack

PadiTrack adalah tools yang difokuskan pada analisis web e-commerce. Fokus utama dari PadiTrack adalah kemampuan conversion funnel tracking, juga memiliki landing page dan laporan e-commerce yang tersedia untuk paket Pro-nya. PadiTrack menawarkan integrasi lengkap dengan Google Analytics, bahkan kita dapat mengakses funnels secara langsung. PadiTrack juga menawarkan visitor based funnels, dan memungkinkan kita untuk mengatur saluran tertentu sebagai langkah opsional.

ClickHeat

ClickHeat adalah tools yang menghasilkan virtual heatmaps berdasarkan klik mouse pada sebuah website. Ini sangat berguna jika kita ingin mengoptimalkan desain web e-commerce. ClickHeat menyediakan actionable data tentang dimana pengunjung melakukan klik dan tidak melakukan klik, sehingga memberikan titik awal untuk mendesain ulang website.

Heatmap

Ini adalah tools yang digunakan untuk mengumpulkan dan menampilkan data heatmap website secara real-time. Heatmap menampilkan data secara real-time dan terus diperbarui, sehingga kita dapat membuat perubahan dan melihat efek dari perubahan tersebut dengan cepat. Heatmap juga mengimplementasikan pendekatan “augmented reality” untuk interface, dengan sidebar yang menyediakan data real-time, ditambah kemampuan dalam berinteraksi dan menelusuri halaman ketika data terlihat di layar. Heatmap sangat mudah di instal, hanya memerlukan sedikit tag JavaScript untuk dimasukkan ke dalam kode website.

Live Chat

Salah satu bagian paling penting dalam memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan membuat pelanggan yang kembali adalah menyediakan layanan untuk menjawab semua pertanyaan pelanggan. Pure Chat adalah salah satu platform live chat yang bisa ditambahkan pada situs web e-commerce yang memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara langsung saat mereka mencari dan melakukan pembelian produk.

Survey

IPerceptions

IPerceptions adalah layanan exit survey yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi “mengapa” dibalik statistik. Sementara itu, analisis dapat menunjukkan bagaimana perilaku pelanggan di website. IPerception berbasis 4Q survey, yaitu penyelesaian tugas dengan 4 pertanyaan yang fokus untuk membantu menjawab pertanyaan “who” dan “why”, serta apa yang perlu diperbaiki. Selain itu, survey Iperceptions 4Q juga termasuk Google Analytics injection, yang dapat mengintegrasi data kualitatif dari IPerceptions dengan data kuantitatif Google Analytics.

SurveyMonkey

SurveyMonkey adalah tools survey yang terkenal untuk mengoptimalkan situs web e-commerce. Tidak seperti IPerceptions 4Q, SurveyMonkey tidak terbatas hanya pada exit survey. SurveyMonkey menawarkan hasil real-time serta merupakan tools survei berbasis web yang mudah digunakan. SurveyMonkey juga menawarkan beberapa template tema visual yang berbeda-beda untuk kemudahan pengguna. SurveyMonkey juga mencakup fitur untuk memvalidasi respon.

Aktivitas Pengguna

Activity Stream

Activity Stream adalah tools untuk Megento e-commerce yang menunjukkan aktivitas terbaru dan pembelian di toko Anda. Activity Stream mengambil keuntungan dari kecenderungan alami kita untuk terlibat dalam sekumpulan perilaku, mendorong pengunjung untuk membeli dengan menunjukkan aktivitas pelanggan lain secara real time. Activity Stream juga bekerja di semua browser, termasuk Internet Explorer. Activity Stream memungkinkan kita mengatur warna untuk alerts dalam rangka mencocokkan skema warna situs. Tools juga memungkinkan kita menetapkan alert mana yang muncul, baik untuk website dan pelanggan. Activity Stream alerts juga cross-platform, kompatibel dengan desktop, mobile dan tablet.

A/B testing

Google Ananlytics Experiments adalah layanan AB/Testing gratis dari Google, dan merupakan bagian dari Google Analytics yang sebelumnya dikenal sebagai Google Website Optimizer. Google Analytics Experiments memungkinkan kita menguji versi yang berbeda dari sebuah situs web untuk menganalisa data penting seperti tingkat bouncing dan session duration. Hal ini sangat berguna untuk revisi uji coba situs, kita hanya perlu mengatur Google Analytics session dengan situs asli dan versi baru, kemudian lihat bagaimana perbedaannya. Dengan Percobaan Google Analytics, kita dapat memilih persentase pengunjung yang disertakan dalam tes, serta memilih tujuan yang ingin diuji.

Itulah beberapa tools penting untuk memahami pelanggan ecommerce.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *