Memilih Data Center untuk Bisnis Anda? Pertimbangkan Hal Ini

data-center

Data adalah jantung dari setiap bisnis. Saat ini, sebagian besar perusahaan memilih untuk menyimpan data mereka di fasilitas offsite yang aman. Ada beberapa alasan kenapa ini menjadi pilihan cerdas untuk sebagian besar bisnis. Server dan bagian penting lainnya dari infrastruktur teknologi memerlukan hal-hal tertentu yang tidak tersedia di lokasi bisnis. Hal ini terutama berlaku jika perusahaan bergantung pada ketersediaan data online untuk digunakan pelanggan. Semakin banyaknya bisnis yang mengandalkan internet untuk terhubung dengan klien mereka, memilih data center paling aman adalah keputusan penting yang memiliki dampak besar pada keuntungan bisnis.

SLA

Ketika memilih data center, biasanya dimulai dengan menyepakati Service Level Agreement (SLA). Ini adalah dokumen hukum yang menguraikan apa tanggung jawab sebuah data center untuk mengamankan dan mengelola informasi bisnis. SLA harus detil untuk setiap layanan yang disediakan data center, dan penting untuk memastikan bahwa semuanya harus jelas untuk menghindari potensi masalah di masa depan.

Solusi pengelolaan

Sebuah data center yang berkualitas akan menawarkan berbagai layanan yang memudahkan klien dalam mengelola bisnis tanpa harus tahu hal teknis atau yang berhubungan dengan IT. Perusahaan-perusahaan ini mempekerjakan teknisi handal untuk menyelamatkan bisnis dari harus menyewa administrator jaringan untuk memastikan bahwa semuanya berjalan lancar. Mereka juga memastikan bahwa server tidak pernah down meskipun terjadi gangguan listrik memanfaatkan sumber daya cadangan dari beberapa perusahaan listrik. Kebanyakan data center bahkan memiliki generator sendiri jika terjadi kasus bencana besar yang dapat mengganggu pasokan listrik di seluruh wilayah.

Data center yang berkualitas juga memiliki staff yang siap membantu menangani setiap masalah yang ada sepanjang waktu. Bahkan jika terjadi sesuatu yang tidak beres pada tengah malam, selama akhir pekan, atau selama liburan, ada teknisi yang siap memperbaiki masalah dengan segera.

Redundancy

Hal terpenting dari sebuah data center adalah harus memiliki redundancy di sejumlah daerah yang berbeda. Peralatan komputer bisa rusak dari waktu ke waktu karena beberapa faktor. Sebuah data center yang berkualitas pasti memiliki teknologi untuk backup system otomatis jika terjadi kesalahan. Dengan teknologi ini, pelanggan dapat mengakses data perusahaan setiap waktu. Selain itu, mereka juga menyediakan redundant internet jika terjadi gangguan pada koneksi data utama.

Perlindungan data bisnis

Data center juga menawarkan beberapa pilihan untuk memastikan bahwa data bisnis tetap aman. Sebagian besar dari fasilitas ini akan menawarkan perlindungan firewall untuk mencegah instrusi dari hacker dan lainnya yang ingin memanfaatkan informasi perusahaan. Selain itu, mereka biasanya menyediakan langkah-langkah keamanan fisik dengan menambahkan lapisan perlindungan tambahan. Ini termasuk menyewakan rak dan ruang server khusus untuk mencegah orang asing menyentuh server dan data penyimpanan lainnya. Namun, hal ini tidak selalu mudah. Bisnis yang benar-benar peduli tentang perlindungan akan keamanan data yang penting dapat memilih untuk menempatkan infrastruktur informasi mereka pada data center milik pemerintah. Ini memungkinkan perlindungan tingkat tinggi terhadap segala jenis gangguan.

Itulah tips bagaimana memilih data center untuk bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *