SEO: Pakai Cara Ini Untuk Audit Konten Website-mu

audit

Audit konten mungkin dapat membuat bingung karena kedengarannya seperti tugas yang rumit dan sulit. Namun, jangan biarkan hal tersebut membuatmu kehilangan kesempatan terbaik melakukan yang terbaik untuk situsmu.

Kamu mungkin bertanya-tanya, “Bagaimana saya melakukan audit konten pada situs saya? Dan “Apa sih yang dimaksud dengan audit konten?”

Melakukan audit konten sangat penting untuk sebuah website. Audit konten membantu memperbarui website untuk pengunjung. Ini memberikan mereka informasi yang up to date serta memberikan informasi yang dibutuhkan oleh Google untuk peringkat situs pada halaman hasil mesin pencari. Hal ini meningkatkan peluang keberhasilan secara online dan membantumu memperoleh peringkat lebih tinggi di Google. Mungkin kamu perlu melakukan sedikit riset tentang bagaimana peringkat Google bekerja untuk mengambil pendekatan yang lebih fokus.

Apa yang dibutuhkan untuk melakukan audit konten?

Google drive adalah salah satu tools yang bagus untuk melakukan audit konten. kami sangat menyarankan untuk selalu bekerja dengan tim, karena ini akan membuat semuanya jauh lebih mudah untuk dikelola. Kamu dapat membuat spreadsheet dengan kolom berikut:

  • URL
  • Audited date
  • Title
  • Description
  • Content
  • Keyword
  • Internal links

Dengan spreadsheet ini, kamu dapat mengaudit konten lebih mudah. Jika kamu bekerja secara tim, orang lain yang juga bekerja pada proyek yang sama bisa mengambil alih ketika kamu sedang pergi atau bahkan bisa membukanya secara bersamaan.

Menggunakan Spreadsheet

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengisi semua URL pada situsmu. Jika memiliki ribuan halaman, kamu membutuhkan bantuan untuk mengaudit konten dalam waktu dekat.

Ada dua cara untuk mendapatkan semua daftar halaman web.

1. Menggunakan Google Analytics

Caranya klik Behavior > Site Content > All Pages. Setelah itu copy paste semua URL.

2. Menggunakan CMS

Pengguna WordPress memiliki cara mudah untuk mengakses halaman mereka. Yang perlu dilakukan adalah membuka sidebar di sebelah kiri dan klik semua halaman/page. Bagi yang tidak menggunakan WordPress, caranya hampir sama, yaitu di dekat postingan baru yang dibuat.

Setelah semua URL terkumpul pada spreadsheet, kamu telah siap untuk memulai audit. Klik pada setiap URL dan baca setiap konten. Kemudian jawab semua pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  • Apakah konten masih berharga untuk pembaca?
  • Apakah kamu menggunakan kata kunci sesuai target?
  • Apakah ada kesalahan pada tata bahasa?
  • Apakah meta title sudah dioptimalkan dan kurang dari 70 karakter?
  • Apakah meta description sudah dioptimalkan dan kurang dari 160 karakter?
  • Apakah konten perlu link internal?
  • Apakah link internal rusak?

Ketika kamu bisa menjawab setiap pertanyaan pada spreadsheet, dapat diketahui apa yang perlu dirubah dan mana yang tidak.

Tips mudah melakukan audit konten

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat proses audit konten menjadi lebih mudah:

1. Download Plugin Yoast

Yoast adalah plugin yang bagus untuk membuat meta title dan description. Kamu dapat memeriksa bagaimana mengoptimalkan konten dengan Yoast. Caranya sangat mudah, masukkan kata kunci yang kamu gunakan dalam konten, dan plugin ini akan melakukan penyesuaian. Ada sebuah indikator yang berubah dari merah menjadi hijau ketika kamu telah mengoptimalkan konten dengan benar.

2. Menyimpan daftar kata kunci

Lakukan riset kata kunci sebelum memulai audit. Dengan cara itu kamu tidak perlu berhenti editing. Kamu dapat melihat daftar kata kunci mana yang harus digunakan.

3. Jangan mengisikan kata kunci berlebihan

Konten audit harus bersih, jadi jangan mengacaukannya dengan mengisikan kata kunci yang berlebihan. Sebaiknya jangan menggunakan lebih dari 5 kata kunci untuk setiap halaman. Jika ragu, gunakan kata kunci kurang dari itu.

4. Audit secara teratur

Audit lebih mudah dilakukan jika tidak memiliki banyak perubahan. Itu sebabnya kamu harus melakukan audit setiap enam sampai dua belas bulan sekali. Jika kamu melakukannya secara teratur, kamu bisa melihat konten lebih cepat dan situs tetap up to date bagi pengunjung.

Semakin cepat kamu melakukan audit konten, semakin cepat pengunjung dan Google menyukai situsmu. Segeralah mulai audit kontenmu sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *