Strategi yang Efektif di Sosial Media

Sebagai platform, sosial media semakin bertumbuh pesat dan menjadi populer. Hal ini seiring dengan pentingnya membangun strategi yang efektif di sosial media. Melalui sekali klik, perusahaan dapat berkomunikasi langsung dengan jutaan pelanggannya di sosial media. Secara fungsional, media sosial memberikan kesempatan untuk menjangkau semua orang di seluruh penjuru dunia. Hal itu bukan berarti dapat dilakukan dengan mudah, inilah yang terkadang belum dipahami oleh banyak orang.

Sekalipun Twitter, Facebook, LinkedIn, maupun Instagram memiliki hampir 2,85 miliar pengguna jika digabungkan, bukan berarti mereka semua mau mendengarkan pesan yang Anda sampaikan di sosial media. Bahkan, sebagian besar dari mereka mungkin tidak mengetahui tentang bisnis Anda. inilah mengapa sangat penting untuk memiliki strategi yang efektif dan dapat dilaksanakan dengan baik. Untuk memiliki strategi yang sukses, sangat penting untuk merencanakannya dengan cermat dan tetap memegang komitmen awal. Dalam membantu proses ini, berikut adal 4 langkah untuk membangun strategi yang efektif di sosial media.

  1. Buatlah Rencana Pemasaran di Sosial Media Sebelum Memulainya

Hal ini mungkin terdengar biasa, tapi banyak orang yang mengabaikannya. Mereka kebanyakan hanya mencari tahu apa yang berhasil di sosial media dan apa yang tidak. Jangan lakukan itu, karena segala hal dapat berkembang dengan baik bergantung dari strategi pemasarannya. Lakukan langkah awal dengan daftar tujuan pemasaran mulai dari spesifikasi, ukuran, pencapaian, kesesuaian, dan batas waktu. Membuat daftar seperti ini akan memudahkan dalam mengetahui kemajuan pemasaran Anda. Hal ini juga dapat menentukan apakah Anda perlu mengubah pendekatan yang telah dilakukan atau tidak.

  1. Pilih Platform yang Tepat

Ini adalah salah satu aspek yang sering diabaikan dalam membangun strategi yang efektif di sosial media. Memilih platform yang tepat adalah strategi yang efektif, karena kita dapat menentukan sejauh mana pemasaran dapat berkembang. Langkah pertama adalah kembali ke tujuan awal dari daftar perencanaan Anda. sesuaikan dengan apa yang ingin Anda capai, siapa yang dapat menjadi target pemasaran, apa jenis keterlibatan yang ingin dilakukan dengan audiens, dll. Setelah Anda menentukannya, maka Anda bisa memilih platform apa yang cocok untuk pemasaran bisnis. Anda bisa memanfaatkan fungsi pencarian dari berbagai platform seperti Twitter advanced search, Facebook search, Instagram search, maupun LinkedInGroups.

  1. Membuat Identitas Visual

Salah satu hal yang dapat membingungkan pelanggan adalah  saat sebuah perusahaan memiliki identitas brand yang  berbeda-beda. Konsumen harus dengan mudah dapat mengenali brand Anda. ciptakan identitas visual yang mampu menjelaskan tentang bisnis Anda dengan baik. Anda bisa membuat storyboard, konten yang brainstorming, atau dengan metode unik lainnya untuk mengembangkan identitas visual pada bisnis. Anda hanya perlu memiliki sedikit kreativitas dalam membuatnya dan biarkan pelanggan mengenali brand Anda dengan sempurna.

  1. Mengikuti ‘The Rule of Thirds’ di Sosial Media

Hal ini penting dalam rangka meningkatkan pengikut di sosial media. Tujuan dari setiap bisnis adalah mampu menciptakan banyak pendapatan. Hal ini berarti Anda harus menciptakan konten yang sesuai dengan tujuan bisnis tersebut. Berikut adalah 3 aturan dalam membuat konten di sosial media berdasarkan ‘Social Media Rule of Thirds’ :

  • Konten harus mampu mempromosikan, mengkonversi pembaca dan menciptakan keuntungan
  • Konten harus membagikan ide atau cerita dari pemimpin dalam bisnis tersebut, atau mampu berbagi tentang pengalaman bisnis
  • Konten harus didasarkan pada interaksi dan membangun brand

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *