VPS Hosting vs Cloud Hosting, Mana yang Terbaik Untuk Website Toko Online

cloud hosting

Teknologi saat ini terus tumbuh dan berkembang, dengan kemajuan yang sangat pesat di sektor ecommerce, mendorong para pemilik website bersaing untuk mendapatkan solusi hosting terbaik untuk situs mereka. Ada banyak sekali pilihan web hosting untuk toko online ecommerce seperti shared hosting, dedicated hosting, cloud hosting, dan Virtual Private Server (VPS) hosting yang cukup kompleks untuk menentukan satu yang terbaik.

Pada artikel ini kita akan membahas perbedaan mendasar antara shared hosting dan dedicated hosting. Dengan memahami perbedaan ini dapat membantu untuk menentukan pilihan yang tepat.

VPS Hosting

VPS hosting adalah server virtual yang terdapat dalam sebuah server fisik. VPS hampir mirip dengan shared hosting yaitu sama-sama membagi sumber daya untuk banyak website. Ini adalah pilihan yang jauh lebih baik dari shared hosting dan merupakan solusi biaya yang efektif untuk situs ecommerce kecil. VPS memungkinkan kita untuk menginstal, mengkonfigurasi, dan mengontrol server kita sendiri.

VPS hosting juga merupakan pilihan terbaik untuk masalah keamanan dan kontrol. Masalah seperti server crash dan keamanan yang disebabkan oleh website lain sangat jarang ditemui pada VPS hosting. Namun, untuk backup mingguan atau bulanan mungkin tetap harus dipertimbangkan untuk situs ecommerce.

Cloud Hosting

Cloud hosting merupakan versi modern dari VPS hosting. Cloud hosting adalah sekumpulan server tunggal yang membentuk jaringan server raksasa dan terdiri dari beberapa sumber daya yang dapat digunakan bersama. Cloud hosting menjamin 99.99% uptime untuk website. Selain itu, cloud hosting juga memiliki sumber daya yang hampir tidak terbatas. Disini, pengguna dapat membuat beberapa server virtual yang dapat di upgrade sesuai kebutuhan.

Server jenis ini jauh lebih aman dan fleksibel. Kita hanya perlu membayar untuk sumber daya yang kita gunakan dan tidak perlu membayar apapun dari biaya sewa. Fitur dari Cloud hosting ini terbukti sangat efektif dalam biaya. Terakhir, keamanan tingkat tinggi yang ditawarkan Cloud hosting menjamin perlindungan berlapis-lapis untuk bisnis online.

Singkatnya, VPS hosting untuk website ecommerce dikenakan biaya tagihan bulanan, sedangkan Cloud hosting biaya tagihan hanya berdasarkan fitur/sumber daya yang digunakan. Untuk ecommerce yang tepenting adalah memilih hosting yang paling dapat diandalkan. VPS hosting adalah pilihan yang baik untuk website sederhana bisnis kecil, sedangkan Cloud bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk situs-situs dengan traffic yang tinggi. Kelebihan sumber daya yang ditawarkan oleh Cloud hosting sangat penting untuk kesuksesan dan perkembangan bisnis.

Namun, ketika ecommerce tumbuh melampaui ambang batas, sangat memungkinkan bagi bisnis untuk membangun pusat data center sendiri daripada mengandalkan pihak ketiga. Tapi perlu diingat, bahwa manajemen data center memiliki kompleksitas tinggi, dan kerugian, sehingga kita harus benar-benar mempertimbangkan semua pro dan kontranya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *